Wednesday, March 30, 2011

Investasi Emas, Apakah Aman?

Saat ini emas adalah salah satu instrumen investasi yang sangat diminati, apalagi dengan kondisi yang sedang bergejolak di wilayah timur tengah membuat harga emas melambung, dan menurut analisa para pelaku pasar bahwa emas diprediksi akan menembus angka $1,500 per troy once.

Jika kita melihat perkembangan harga emas sejak 1999 hingga saat ini, harga emas terus merangkak naik dari tahun ke tahun, data ini menunjukkan bahwa investasi emas sangatlah menjanjikan.

Namun investasi emas bukanlah bertujuan sebagai investasi jangka pendek melainkan investasi jangka panjang walaupun dalam kondisi tertentu kita juga dapat menjadikan emas sebagai investasi jangka pendek.

Dalam berinvestasi emas saya sangat menyarankan investasi emas dalam bentuk batangan / lantakan karena jika berinvestasi dalam bentuk perhiasan, ketika akan menjualnya akan banyak sekali potongan harganya sehingga kurang menguntungkan bagi kita. Beda halnya dengan emas lantakan.

Emas Lantakan pun terdiri dari 2 macam.

1. Emas Antam
2. Emas Lokal

Perbedaannya adalah jika emas antam pada saat pembeliannya akan di kenakan biaya cetak dan biaya sertifikasi sehingga harganya menjadi sedikit labih mahal di bandingkan emas lokal.

Selain itu harga emas antam cenderung relatif lebih stabil di karenakan mereka memiliki patokan nilai harga dollar sendiri, sedangkan emas lokal cenderung fluktuatif mengikuti harga emas di bursa perdagangan.

Secara kualitas antara emas Antam dan emas lokal tidak ada bedanya, jadi tinggal anda merasa lebih nyaman berinvestasi di emas lokal atau emas Antam, semua tergantung pilihan anda.


No comments:

Post a Comment